SEMANGAT DIKLAT NAROJA 2023

Malang, 2-3 Desember 2023 SMP Kartika IV-9 Malang menggelar acara Diklat Naroja 2023. Acara yang digelar selama dua hari satu malam ini digawangi oleh para pembina ekstrakurikuler Pramuka di SMP Kartika IV-9 Malang. Dalam kegiatan yang diikuti oleh seluruh regu inti dan calon regu inti pramuka sekolah ini, para peserta diberikan berbagai pengetahuan dan keterampilan tentang kepramukaan. Regu inti dan calon regu inti terdiri dari kelas VII-VIII-dan IX. Kegiatan ini dipusatkan di gedung satu SMP Kartika IV-9 Malang.

Menurut Kak Adi (salah satu pembina pramuka) tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan rasa patriotisme dan nasionalisme dalam diri peserta, menggali potensi kepramukaan dalam diri peserta, serta menjalin persaudaraan antar anggota pramuka. Selain itu, menurut Kak Adi, tujuan utamanya adalah merealisasikan dasadharma dan trisatya pramuka.

Para peserta tampak antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang dilaksanakan sejak pukul 07.00 WIB di tanggal 2 Desember 2023 hingga pukul 14.35 WIB di tanggal 3 Desember 2023. Kepada JKT-49 Kak Hayu (salah satu pembina pramuka) menjelaskan bahwa diantara rangkaian kegiatan yang ada dalam rundown acara adalah sebagai berikut. Pertama upacara pembukaan, materi scoating skill, pelatihan baris berbaris, semaphore, sandi, mendirikan tenda, berbagi pengalaman bersama Tim Garuda Penggalang dari SMP Sang Timur dan CORJESU Malang, api unggun, jelajah malam. Adapun di hari kedua, setelah pelaksanaan shalat shubuh, para peserta diajak untuk senam pagi, berbelanja dan memasak, menganyam, serta outbond.

Dibawah cuaca mendung dan hujan gerimis kota Malang para peserta tetap semangat mengikuti rangkaian acara demi acara. Kesan senang dan bahagia disampaikan kepada tim JKT-49, salah satunya adalah dari Venta (peserta dari kelas VIII-C), menurutnya dia sangat senang bisa berbagi pengalaman dalam kegiatan diklat Naroja 2023 ini. Tak hanya itu, dia juga mengatakan bahwa dengan mengikuti kegiatan ini dia bisa menambah keakraban dengan teman seangkatan maupun angkatan dibawahnya (kelas VII, red).

Kegiatan diklat Naroja ini diakhiri dengan pelantikan calon regu inti menjadi regu inti pramuka SMP Kartika IV-9 Malang. Tepat setalah adzan Ashar berkumandang pada tanggal 3 Desember 2023, upacara penutupan dan pelantikan telah selesai, dan para peserta pulang ke kediaman masing-masing.

Narator : HK Pena - Viera
Foto : Bayu JKT-49









0 Komentar