SEHAT JIWA DAN RAGA

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupkan rangkaian pembelajaran yang wajib dilaksanakan oleh lembaga pendidikan. Pun demikian pula dengan SMP Kartika IV-9 Malang. Di tahun pelajaran 2023-2024 ini, kegiatan P5 dilaksanakan tiga kali. Setelah sukses dengan P5 pertama dan kedua, P5 ketiga dilaksanakan mulai tanggal 3-12 Juni 2024. Adapun tema yang diambil adalah sehat jiwa dan raga. 

Dimensi kesehatan jiwa dibina dengan kegiatan berikut :

  • Do'a bersama
  • Gerakan Koin Kartika
  • Aksi Solidaritas untuk Raffah
Sedangkan untuk kesehatan raga dilakukan dengan :

  • Mengenal diabetes melitus
  • Mengukur Indeks Massa Tubuh (IMT)
  • Melakukan senam irama
Kegiatan yang dilakukan selama 8 hari efektif tersebut dipuncaki dengan Gebyar P5 yang dilaksanakan di lapangan utama SMP Kartika IV-9. Acaranya adalah lomba senam irama antar kelas. Melalui kegiatan P5 ini, Kepala Sekolah mengungkapkan kepada JKT-49 bahwa besar harapan beliau agar seluruh peserta didik bisa memiliki kesehatan jiwa dan raga, sebagaimana juga berkaitan dengan visi sekolah yakni DREAM BIG. Lebih lanjut lagi, Bapak Didik Ismanadi juga menjelaskan bahwa kesehatan raga saja tidak cukup jika tidak didukung dengan jiwa yang sehat, pun pula demikian sebaliknya.

Selain Bapak Kepala Sekolah, salah satu peserta kegiatan Gebyar P5, Dimas Nathan mengungkapkan bahwa dengan adanya acara gebyar ini, kegiatan sekolah terlihat hidup, dan semua peserta didik bisa berpartisipasi aktif dalam mengikuti kegiatan sekolah. Kegiatan Gebyar P5 ini diakhiri dengan do'a bersama seluruh peserta didik, sebelum sebagian dari mereka mengikuti persiapan mengisi acara Purnawiyata Taruna Narotama yang akan digelar pada tanggal 15 Juni 2024.












0 Komentar