HAUL WALI AGUNG TANAH JAWA : KANJENG SUNAN KALIJAGA

SMP Kartika IV-9 Malang - Mengawali kegiatan di awal semester ganjil tahun pelajaran 2023-2024, Tim Bidang Dakwah Islam SMP Kartika IV-9 Malang menggelar kegiatan Haul Wali Agung Tanah Jawa - Kanjeng Sunan Kalijaga. Kegiatan ini digelar di lapangan SMP Kartika IV-9 selama dua hari, yakni pada tanggal 10 - 11 Agustus 2023 atau bertepatan dengan tanggal 23-24 Suro 1957 Jawa. 

Di hari pertama, kegiatan diawali dengan penampilan tari kuntulan oleh anggota sanggar seni Kartika Mubyar SMP Kartika IV-9 Malang. Selanjutnya, setelah penyerahan gunungan wayang kulit oleh Kepala Sekolah dan Ketua Bidang Dakwah Islam kepada Ki H. Joko Setiyono, S.T, M.MT. Adapun lakon yang dibawakan adalah Banjaran Putra Pandawa. Menurut dalang yang juga menjadi dosen di Politeknik Negeri Malang ini, kegiatan ini sangat positif sehingga generasi muda kenal dengan tokoh pewayangan dan bisa mengambil hikmah dari lakon yang dibawakan. Pagelaran wayang kulit ini diiringi oleh karawitan ar-Rayyan Javanese Society dari kota Malang. 

Banjaran Putra Pandawa menceritakan tokoh pewayangan Raden Antasena, Raden Gatotkaca, dan Raden Antareja yang mendapatkan 10 wejangan dari Kanjeng Sunan Kalijaga untuk menjadi kesatria utama dan menjalankan tugasnya sebagai kesatria. Selain itu, menurut pak dalang yang juga dalam ruwat di RRI kota Malang ini, beliau sengaja mengambil tokoh Raden Antasena yang melambangkan Angkatan Laut, Raden Gatotkaca yang melambangkan Angkatan Udara, dan Raden Antareja yang melambangkan Angkatan Darat. Hal ini beliau lakukan mengingat bahwa SMP Kartika IV-9 berada dibawah naungan Kodim 0833 Kota Malang.

Di hari kedua, kegiatan diawali dengan tahlil, istighatsah, dan shalawat Nabi. Bacaan tahlil dan istighatsah dipimpin oleh ketua Bidang Dakwah Islam SMP Kartika IV-9 Malang - Ust. Didik Ismanadi, S.Pd beserta jajarannya. Menurut Ust. Didik Ismandi, S.Pd saat diwawancari oleh Tim Jurnalistik SMP Kartika IV-9, beliau sangat bersyukur atas terselenggaranya kegiatan haul ini, selain itu beliau juga berharap bahwa dengan tahlil dan istighatsah ini juga bisa ngalap berkah Wali Agung Tanah Jawa-Kanjeng Sunan Kalijaga sehingga semua keluarga besar SMP Kartika IV-9 Malang menjadi lebih baik dan dikabulkan semua hajatnya.

Setelah pembacaan shalawat Nabi oleh tim hadrah al-banjari Nurul Mushthafa SMP Kartika IV-9 Malang, acara dilanjutkan dengan pengajian oleh KH. Zainal Arifin, M.Ag - Pengasuh Pesantren Waqiah Indonesia. Dalam kesempatan itu, beliau menyampaikan hal-hal yang patut diteladani dari sosok Kanjeng Sunan Kalijaga. Seorang penyebar ajaran Islam yang selalu berinovasi dalam mengembangkan dakwah dengan seni dan budaya lokal.

Acara yang digelar selama dua hari tesebut mendapatkan respon positif dari berbagai kalangan, termasuk dari wali murid yang menyempatkan hadir. Menurut Bu Tias (wali murid) beliau sangat mendukung kegitan ini agar generasi muda tidak melupakan identitas jati diri bangsa, dan mengetahui bagaimana budaya bangsanya. 

Kembali ke Ust. Didik Ismanadi, S.Pd selaku ketua tim Bidang Dakwah Islam SMP Kartika IV-9 Malang, beliau menuturkan bahwa semoga acara Haul Wali Agung Tanah Jawa Kanjeng Sunan Kalijaga ini dapat menjadi agenda rutin SMP Kartika IV-9 Malang dalam rangka bermunajat bersama, sekaligus ngalap berkah Sang Wali Agung Tanah Jawa - Kanjeng Sunan Kalijaga.


Narator : Tim JKT-49



0 Komentar