MEMPERINGATI HARDIKNAS DENGAN UPACARA BENDERA, NOBAR, DAN JALAN SEHAT

Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional 2024, SMP Kartika IV-9 Malang menyelenggarakan beberapa acara. Diawali dengan Upacara Bendera di tanggal 2 Mei 2024, acara tersebut berlangsung dengan khidmat. Bapak Didik Ismanadi, S.Pd selaku Kepala Sekolah bertindak sebagai pembina upacara. Sedangkan yang bertugas sebagai pemimpin upacara adalah Ian Yasfa Naifa Nur Sahla dari kelas VIII-A.

Pasca upacara bendera, seluruh warga sekolah secara bergantian menyaksikan film karya TAKARAN (Teater Kartika Empat Sembilan), di Graha Cinema Narotama. Film tersebut berjudul "Puisi Kita Bercerita". Sebuah film yang diangkat dari kisah nyata. Film ini menceritakan tentang dua orang siswa-siswi SMP Kartika IV-9 yang berteman. Namun lambat laun karena sering bertemu dalam berbagai kegiatan sekolah, benih cinta mulai bersemi. Kedekatan mereka akhirnya berujung pada saling meikhlaskan karena salah satu diantara keduanya harus pindah ke luar kota.

Film berdurasi 30 menit ini disutradarai oleh Moch. Enzo Ferrari Machfudz - siswa kelas IX-D. Sutradara muda ini pernah menjadi juara pertama dalam lomba video pendek se-Malang Raya ada tahun 2022 silam. Adapun pemeran utamanya adalah Adika Puguh Setiawan dan Viera Callista Billa (reporter dari JKT-49).

Setelah menonton film, para peserta didik diminta kembali ke kelas masing-masing untuk menuliskan sinopsis, sekaligus pesan moral dari cerita film yang telah mereka saksikan. Menurut Ibu Fraida Mega Nawangwulan (ketua tim literasi SMP Kartika IV-9), kegiatan menulis sinopsis ini dilakukan dalam rangka mengembangkan potensi peserta didik dalam bidang literasi. Gayung bersambut, Bapak Kepala Sekolah juga menyampaikan hal yang sama, bahwa dengan adanya karya siswa yang ditampilkan, semoga bisa menjadi pemicu semangat dari peserta didik yang lain untuk berkarya sesuai dengan bidangnya. Beliau juga memaparkan bahwa sesuai dengan tajuk Hardiknas 2024 yakni 'Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar'.

Peringatan hari pendidikan nasional 2024 masih dilanjutkan pada hari Jum'at, 3 Mei 2024. Pada hari itu, seluruh warga sekolah mengikuti jalan sehat berhadiah yang digawangi oleh OSIS SMP Kartika IV-9. Jalan sehat tersebut mengambil rute di sekitar sekolah yakni melewati jalan Narotama, jalan Untung Suropati, jalan Pemandian, dan jalan Narotama Barat. Sebanyak 60 paket doorprize diundi setelah kegiatan jalan sehat. Peringatan Hardiknas berjalan dengan lancar dan berkesan bagi seluruh warga sekolah.












0 Komentar