SOSIALISASI PROGRAM SEKOLAH


Kepala sekolah dan staff SMP Kartika IV-9 Malang melakukan kegiatan sosialisasi program sekolah kepada para wali murid tahun pelajaran 2023-2024. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama tiga hari yakni pada tanggal 29-31 Agustus 2023 pukul 08.00-10.00 WIB. Adapun tempat pelaksanaan kegiatan tersebut adalah di aula gedung 1 SMP Kartika IV-9 Malang.

Kegiatan sosialisasi ini dikuti oleh para wali murid bergilir untuk setiap jenjang. Di hari pertama diikuti oleh wali murid kelas IX, hari kedua dihadiri oleh wali murid kelas VIII, dan pada hari ketiga dihadiri oleh wali murid kelas VII. Selain untuk sosialisasi program-program sekolah, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mepererat chemistry antara pihak sekolah dengan wali murid.

Selama tiga hari berturut-turut, acara dipandu oleh Bu Afrani Syahid, S.Pd (miss Ara, sapaan akrab Bu Afrani Syahod, S.Pd). Acara diawali dengan pengisian presensi dan do’a pembuka, kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dan pengarahan oleh Kepala Sekolah, waka kurikulum, guru bimbingan konseling, dan tim tata tertib sekolah.

Dalam kesempatan yang baik itu, Kepala Sekolah SMP Kartika IV-9 Malang, Bapak Drs. Duriyat Hudianto mengucapkan selamat datang kepada wali murid yang hadir, dan beliau berpesan untuk tetap memantau putra-putrinya di rumah, selain itu beliau juga berpamitan kepada para hadirin bahwa per tanggal 1 September 2023 beliau sudah tidak menjabat sebagai Kepala Sekolah di SMP Kartika IV-9 Malang lagi. Pak Hudi (sapaan akrab Bapak Drs. Duriyat Hudianto) sudah mendapatkan Surat Keterangan (SK) untuk memasuki masa purna tugas di SMP Kartika IV-9 Malang dari Yayasan Kartika Jaya Koordinator Kodim 0833 Kota Malang.

Setelah Pak Hudi menyampaikan sambutan dan ucapan pamitan kepada seluruh hadirin, acara dilanjutkan dengan perkenalan Kepala Sekolah yang baru yakni Bapak Didik Ismanadi, S.Pd yang akrab disapa Pak Didik. Dalam perkenalan dan sambutannya, Pak Didik mohon dukungan kepada semua yang hadir untuk turut mensukseskan jalannya proses pendidikan di SMP Kartika IV-9 Maang dalam rangka menyiapkan generasi yang siap menghadapi masa Indonesia emas 2045 mendatang.

Tak hanya itu, dalam sambutannya Pak Didik juga memaparkan visi misi sekolah, memperkenalkan para staff beliau dan para wali kelas, serta menyampaikan gagasan-gagasan beliau untuk dilaksanakan di SMP Kartika IV-9 Malang. Adapun visi misi sekolah yang dipaparkan oleh Pak Didik dikemas dalam akronim DREAM BIG yang jika diurai menjadi Disiplin, Religius, Aktif, Mandiri, Bersih, Inovatif, dan Gotong royong. Selain itu, kata DREAM BIG ini juga bermakna impian yang besar, harapannya adalah seluruh warga sekolah terutama peserta didik memiliki impian yang besar dan dapat menggapai impian tersebut.

Pasca Pak Didik menyampaikan sambutan serta gagasan-gagasannya, acara dilanjutkan dengan pemaparan tata tertib sekolah dan materi bimbingan konseling yang dalam hal ini disampaikan oleh Bapak Agus Pangruktyono, S.Pd dan Ibu Dwi Permata, S.Pd selaku waka kesiswaan dan PMA kesiswaan. Adapun materi bimbingan konseling disampaikan oleh Ibu Briliance Titisari, S.Pd selaku guru BK di SMP Kartika IV-9 Malang.

Setelah penyampaian tata tertib dan materi bimbingan konseling, acara dilanjutkan dengan pemaparan program-program sekolah serta layanan administrasi sekolah oleh Miss Ara yang merupakan waka kurikulum. Hal ini bertujuan agar para wali murid mengetahui teknis kegiatan putra-putrinya di sekolah sehingga dapat mempermudah wali murid dalam melakukan pengawasan terhadap putra-putrinya.

Selain itu, untuk mempermudah komunikasi antara wali murid dan pihak sekolah, dalam kesempatan selama tiga hari itu, Pak Didik selaku Kepala Sekolah yang baru memperkenalkan layanan “Lapor Pak Dik” . Layanan ini dapat digunakan oleh wali murid untuk melakukan pengaduan atau hal lain yang perlu dikomunikasikan dengan Kepala Sekolah.

Di hari ketiga, yakni bagi wali murid kelas VII juga diadakan sosialisasi layanan baru pembayaran administrasi sekolah. Layanan ini merupakan kerjasama antara pihak SMP Kartika IV-9 Malang dengan Bank BRI, harapan kedepan adalah dengan adanya kerjasama ini, proses pembayaran administrasi lebih mudah bagi wali murid dan bisa dilakukan dimana serta kapan saja.

Acara yang dilangsungkan selama tiga hari ini diharapkan dapat membangun sinergi yang lebih kuat antara pihak sekolah dan wali murid, sehingga program-program sekolah dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar.

DOWNLOAD MATERI SOSIALISASI

Kelas VII (klik)

Kelas VIII (klik)

Kelas IX (klik)

0 Komentar